Monggo

Selamat Datang

GK


Dikdasmen2logo-hwGERAKAN KEPANDUAN HIZBUL WATHAN
SMK MUHAMMADIYAH BLIGO
KABUPATEN PEKALONGAN
Alamat: Sapugarut Gg.7 Buaran Telp.(0285)4415132 PEKALONGAN 51173

PENDAHULUAN
A.      Latar belakang
Muhammadiyah sebagai organisasi yang bergerak di bidang pendidikan merasa kehilangan jalur yang setrategis untuk membina dan membentuk kader persyarikatan,setelah leburnya Hizbul Wathan(HW)ke dalam pramuka 1961.
            Kebangkitan kembali HW tersebut menunjukan penghormatan dan kemajemukan bangsa Indonesia,Hizbul Wathan menyadari bahwa tantangan yang di hadapi sangatlah besar dan berat,baik dari luar maupun dalam persyarikatan.
HW sekarang telah bangkit di mana-mana,berkat penanganan dan penata’an organisasi yang baik.
            Qobilah yang bermakna tempat tinggal adalah suatu kesatuan organic dalam gerakan Kepanduan Hizbul Wathan yang ,merupakan wadah untuk menghimpun anggota sebagai peserta didik dan pemimpin,jiga pelatih yang akan terjun langsung di Qobilah.
            Bertolak dari kebutuhan yang sangat mendesak bagi terwujudnya Pemimpin dan Pelatih Qobilah, maka Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan SMK MUHAMMADIYAH BLIGO bermaksud menyelenggarakan reorganisasi bagi calon pemimpin dan pelatih.

B.      Maksud dibuatnya Laporan 
·         Sebagai bukti telah terlaksananya kegiatan “Pemantapan Reorganisasi Dan Pembentukan Kepengurusan Beserta Pembuatan Program kerja mingguan periode 2011 / 2012
·         Sebagai sumber pembanding untuk kegiatan yang akan datang
·         Sebagai sarana informasi kepada pihak-pihak yang terkait, terutama pihak lembaga yang telah memberikan banyak dukungan berupa materil maupun moril
·         Sebagai bahan evaluasi bagi para pelaksana kegiatan demi kemajuan bersama Tujuan dibuatnya Laporan 
·         Sebagai bahan analisa, sehingga segala kekurangan yang ada pada penyelenggaraan kegiatan ini dapat diperbaiki dan tidak terulang kembali
·         Sebagai bahan acuan lanjutan dalam melaksanakan  kegiatan yang sejenis seperti  ini, khususnya kepanitiaan yang akan datang
·         Sebagai media informasi secara eksplisit yang bersifat transparansi bagi para siswa

C.      Sasaran
Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat lebih peduli dan berpartisipasi terhadap Ekstarakurikuler Hizbul Wathan, serta dapat mengoptimalkan diri sebagai bentuk peningkatan kualitas diri melalui skill manajerial keorganisasian.
Lebih mengoptimalkan peran lembaga pendidikan dalam menyalurkan aspirasi siswa serta menjadikan keluarga siswa SMK Muhammadiyah Bligo sebagai lembaga pengembangan kreativitas siswa dalam ruang lingkup keilmuan, kegemaran, pengabdian dan keberpihakan social siswa (Ekstrakurikuler).

ISI LAPORAN

PRA-PELAKSANAAN
A.        Nama Kegiatan
Pemantapan Reorganisasi Dan Pembentukan Kepengurusan Beserta Pembuatan Program kerja mingguan periode 2011 / 2012

B.        Tema Kegiatan
“Membekali peserta dengan pengetahuan dan memperkenalkan metode pelatihan kepanduan kepada calon pemimpin agar setelah selesai pelatihan peserta dapat menerapkan pengetahuan dan metode kepanduan Hizbul Wathan yang telah diterimanya di Qobilah masing-masing.
C.        Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Hari & Tanggal    : Ahad / 25 september 2011
Tempat                 : SMK Muhammadiyah Bligo

D.        Peserta Kegiatan
siswa / siswi SMK Muhammadiyah Bligo kelas XI Semua program keahlian teknik dan bismen
target pesertanya adalah 20 siswa

E.         Pendekatan Materi Kegiatan
1.       Materi Secara Teori
·         Pengenalan Atribut atau Tanda Yang di Kenakan Pada Hizbul Wathan
·         Pengenalan Tentang Asal Muasal  Hizbul Wathan
·         Pengenalan Tematis dengan Tema Hzbul Wathan adalah harapan dan kenyataan”
·         Berbagai Pengalaman Empirik  dengan pengembangan potensi diri atau pindah program studi”
2.       Materi Secara Praktek
·         Diskusi Kelompok

F.         Pelaksana Kegiatan
siswa / siswi SMK Muhammadiyah Bligo kelas XI Semua program keahlian teknik dan bismen

G.       Bentuk Kegiatan
Sarasehan yang dikemas secara simulasi dialogis, praktek dan musyawarah
H.       Kronologis Pra-Pelaksanaan
Pada awal berdirinya Hizbul Wathan sendiri yang diantaranya berada di SMK Muhammadiyah Bligo yang bertujuan untuk melatih kreatifitas,inovasi,dan mandiri dalam situasi apapun,di khususkan juga untuk menciptakan kader-kader  yang bisa di andalkan pada saat sekarang dan nantinya di Sekolah masyarakat maupun umum. Melihat hal tersebut,maka tujuan di adakan Reorganisasi adalah untuk para peserta bekerja sama untuk mempersiapkan kegiatan agar berlangsung dengan baik dan bermanfaat.
Setelah terbentuk tim panitia yang akan bertanggung jawab melaksanakan kegiatan acara, diajukan proposal kepada pihak sekolah untuk mendanani kegiatan tersebut, perkiraan awal dana yang diajukan sebesar Rp.550.000 (limaratus limapuluh riburupiah) terealisasi turun dana sebesar Rp. 350.000(tigaratus limapuluh),dari SMK Muhammadiyah Bligo.

Pelaksanaan  terbentuknya kepengurusan Dewan Kerabat  baru yang akan bertanggung  jawab melaksanakanya seperti yang dilakukan pengurus sebelumnya. Dan dengan didatangkanya pemaeteri dari luar, semoga materi yang disampaikan bisa lebih bermanfaat dan membawa pembaharuan yang lebih baik.
Dari waktu pelaksanaan juga terjadi perubahan, yang sebelumnya kegiatan dijadwalkan pada tanggal 18 September 2011, menjadi tanggal 25 September 2011 disesuaikan dengan kondisi pada saat waktu libur peserta dikarenakan dari beberapa di antaranya melakukan praktek kerja, dan perkiraan target pesertanya adalah 20 siswa, ternyata yang hadir hanya 14 siswa.
Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan Pemantapan Reorganisasi Dan Pembentukan Kepengurusan Beserta Pembuatan Program kerja mingguan periode 2011 / 2012ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Bligo. Acara tersebut diikuti oleh 17 peserta dari siswa kelas XII AK dan XI Teknik & Bismen.
Teknis pelaksanaan kegiatan
Pada hari pertama kegiatan di mulai dengan acara kegitan yang bersifat mengenalkan peserta untuk lebih tahu dinamika program, serta mengajak siswa untuk lebih peduli akan kemajuan program, sebelum akhirpenghujung kegiatan dibentuk kepengurusan yang baru serta terpilihnya saudra Ardianto sebagai ketua Dewan Kerabat dan Vidia oktaviana sebagai Wakil Dewan Kerabat dalam kepengurusan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan periode 2011/2012.


Pasca Pelaksanaan
Setelah kegiatan sudah terlaksana kami mengadakan rapat evaluasi lanjutan yang masih harus ditinjau lagi.
Membicarakan persiapan LPJ, evaluasi kinerja dan laporan keuangan dalam bentuk faktor penghambat dan faktor pendukung.

Hambatan dan Masalah
Adapun hambatan dan masalah yang timbul saat Pra Pelaksanaan Kegiatan, Pelaksanaan Kegiatan dan Kegiatan, antara lain:
Selama acara berlangsung kendala yang dihadapi adalah kesiapan perlengkapan yang dibutuhkan selama acara tidak tersedia secara baik (kurang koordinasi antar panitia), kurangnya inisiatif antar panitia yang telah diberikan, ada perubahan susunan acara dimateri ke-V, yang disebabkan oleh kondisi pemateri yang kurang enak badan.
Kurangnya (SDM)sumber daya manusia atau grup piket yang membantu seksi konsumsi, dikarenakan ketidakhadiran panitia.

Kesimpulan dan Saran
                Puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberi kemudahan atas terselenggaranya acara ini, yang dengan sedikit jatuh bangun akhirnya dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Harapan yang kami ukir melalui acara “Pemantapan Reorganisasi Dan Pembentukan Kepengurusan Beserta Pembuatan Program kerja mingguan periode 2011 / 2012” sedikit membahagiakan dan dapat terlihat betapa antusiasisme dari peserta dengan mengeluarkan kemampuan terbaiknya.
Saran dari kami sebagai panitia adalah semoga dalam kegiatan “Pemantapan Reorganisasi Dan Pembentukan Kepengurusan Beserta Pembuatan Program kerja mingguan periode 2011 / 2012” selanjutnya dapat mempersiapkan agenda kegiatan setepat mungkin dan panitia yang tergabung di dalamnya dapat bekerja dengan maksimal, tidak saling mengandalkan dan sering-seringlah meminta pertimbangan dan masukan dari pihak terkait yang memang telah terbiasa menangani hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan yang sejenis seperti ini.

0 komentar:

Posting Komentar